Babad Serat Andong

Dari Wiki CahAndong

Langsung ke: panduan arah, cari

Babad Serat Andong adalah catataan kejadian-kejadian yang sangat bersejarah di CahAndong dan mengandung nilai-nilai mulia sehingga wajib halnya untuk direkam untuk kemudian menjadi materi buku teks wajib anak SD.

Daftar isi

[sunting] Oktober 2009

  • Hanny Hilang di Malioboro - 17 Oktober 2009
Jelata mulai terbiasa berita kehilangan. Hanny dikabarkan hilang di sekitar kawasan nol kilometer ketika mau nonton pawai jogja. Ini karena Gage mengajak ketemu di 0 km, dan setelah disusul Hanny, Gage malah pindah ke Malioboro Mall.
  • Iman Brotoseno Hilang di Pasar - 17 Oktober 2009
Kepanikan luar biasa terjadi setelah Pesta Blogger Jogja. Entah karena minum atau makan apa, Iman Brotoseno hilang pada suatu pagi. Saksi mata Alle dan Momon menemukannya sedang jalan-jalan di Pasar. Muncul kabar kalau yang bersangkutan sempat menjamah lapak penjual kelapa dan rumah makan padang.
  • Perdana XL Hilang - 16 Oktober 2009
Perdana XL sebanyak satu boks (isi 100 biji) hilang dari JNM. Ini membuat Alle, Iphan, dan Sita panik karena harganya satu boxnya Rp 100.000. Usut-punya usut, tersangka pengambil box perdana XL itu mengira kalau box itu berisi mug. Tersangka mengambil boks tersebut karena tidak mendapatkan payung.
  • Tikabanget Hilang di Frankurt - 1 Oktober 2009
Kepanikan luar biasa terjadi di awal oktober. Entah karena konspirasi eropa untuk mengenyahkan Tika, atau memang Tikanya nyasar. Kenyataannya ia tidak berada dipesawat yang terbang kembali menuju indonesia. Belakangan diketahui bahwa ia terlambat ke bandara karena keasyikan belanja di sexshop. Kejadian ini adalah dalam rangka wisata ke Dublin oleh Mas Iman dan Tika sebagai pemenang lomba blog oleh Guinnes.
  • Juminten Batik 2 - 2 Oktober 2009
UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Untuk merayakannya, para peserta juminten mengenakan pakaian batik. Pada acara kali ini, ada sepasang bule belgia yang sedang bulan madu sok akrab dan ikut berpoto-poto.
  • Pembubaran CahAndong - 7 Oktober 2009
Dalam rangka hari jadinya yang ke tiga, CahAndong merayakannya dengan membubarkan diri. Sayangnya rencana pembubaran CahAndong ini batal karena lupa.

[sunting] September 2009

  • Cahandong bersabar II - 12 September 2009
Merupakan lanjutan dari acara sebelumnya dengan format yang sama dan makanan yang sama enaknya, Sehingga Gunawan memutuskan tidak ikut supaya tidak iri 2 kali. Kali ini target yang dituju adalah sekitar stasiun lempuyangan. Walaupun para jelata sudah membagikan makanan di sepanjang jalan menuju lokasi. Jelata cahandong sangat senang karena ada komunitas lain yang juga melakukan kegiatan yang sama.
  • Buka bersama - 11 September 2009
Buka bersama di Momonto Cafe dengan makanan yang dibawa oleh Lina, entah beli atau masak sendiri. Hadir sebagai bintang tamu adalah pakde Mbilung dan Mas Iman Brotoseno. Acara dilanjutkan dengan Cahandong bersabar II. Untuk mengisi waktu, Choro menyiksa diri menonton film indonesia yang jelek.
  • Indonesia Kreatif - 8 September 2009
Menghadiri acara sosialisasi Indonesia Kreatif sekaligus buka puasa gratis di Dixie. Dalam acara ini Tikabanget berperan besar dengan menekan enter, sehingga slide presentasi bisa berganti. Beberapa saat sebelum berbuka puasa, Arya dengan berani menampakkan dirinya di jogja.
  • Cahandong bersabar (Sahur Bareng) - 5 September 2009
Kegiatan sok aksi turun kejalan membagi-bagikan makanan sekedarnya untuk orang-orang di sepanjang jalan Mangkubumi. Gunawan merasa iri karena makanan yang dibagikan lebih enak daripada makanannya sehari-hari. Sebelum acara, para jelata berkumpul di tempat Medina yang berperan sebagai koordinator, Namun Senafal tidak dapat menemukan kami disana

[sunting] Juli 2009

  • Perjalanan ke Wonosobo - 1 Juli 2009
Dalam perjalanan ini jelata mendapat sejumlah wangsit antara lain:
  • Penetapan Terong menjadi buah resmi kesultanan.
  • Penetapan pok-pok sebagai hal yang harus dilakukan saat pertama masuk CA.
  • Pembentukan Korps IMB - 15 Juli 2009
Terjadi penetapan insan muda berprestasi yang terdiri dari Defickry, Sita, Iphan, Nico Wijaya, dan Choro. Tugas dari insan berprestasi ini adalah rapat untuk acara Pestabloger 2009 pada saat jelata yang lain makan malam.

[sunting] Maret 2009

Ekowanz telah lama mengaku memiliki cinta sejak beberapa tahun lalu, namun baru pada bulan ini jelata CA melihatnya secara langsung. Ekowanz memilih bulan maret sebagai bulan jadian supaya bareng dengan ulang tahunnya dan ulang tahun cinta nya, Jadi perayaannya bisa di merger. Mungkin karena dia belum semampu Momon.

[sunting] February 2009

Antobilang mengenalkan dan membawa pasangannya, Lindaleenk, ke Juminten. Status hubungan mereka saat itu sampe saat ini adalah engaged, buruh-majikan dan papah-mamah. Ke depannya, Antobilang sangat bersyukur ia sudah tidak jomblo pada bulan Februari, bukan pada bulan Juni.

[sunting] Januari 2009

Tikabanget mendapatkan gelar ST setelah hampir satu dasawarsa bergelut dengan skripsi. Dengan ini, Maka Tika sudah boleh kemaki terhadap antobilang dan arya.

[sunting] November 2008

  • Penipuan Gunawan - 30 November 2008
Gunawan menipu 2 bloger tua hingga mereka terkelabui untuk pergi ke Solo.
  • Penaklukan Pangsit - 28 November 2008
Keriwilan dan ketengilan Funkshit akhirnya ditaklukan oleh pecutan Choro yang terbuat dari serbet.
  • Naik Haji Massal - 21 November 2008
Sejumlah jelatawan CahAndong menunaikan ibadah haji massal meski itu tidak dilakukan di tanah suci Surabaya. Belasan jelata berjumpa, bersalaman dan berfoto dengan baginda Anangku dalam acara Muktamar Blogger 1429 H.

[sunting] Agustus 2008

  • Ziarah Suci Sri Sultan - 17 Agustus 2008
Pada sebuah lawatan ke tanah suci Surabaya, Sri Sultan ditemani Nico Wijaya dan Man Tao Tse melakukan ziarah suci dengan melempar batu di jembatan kali mas dan mencium jidat Anangku. Pada kesempatan yang lain Sri Sultan melakukan perundingan di atas kapal selam yang bersandar di Kali Mas.
  • Berjumpa Calon Nabi Baru - 16 Agustus 2008
Mengetahui kemahsyuran Anangku yang mulai pudar, Sri Sultan ditemani Nico Wijaya dan Man Tao Tse melakukan lobi-lobi dan menjajaki kemungkinan mengangkat Junjungan baru, yang berasal dari Klan Wijaya, dengan disuguhi Cwie Mie.
  • Gelas Pecah Secara Misterius - 10 Agustus 2008
Pada sebuah acara makan malam di Warung Nasi Goreng Brutu sebuah gelas milik Tikabanget berisi es teh pecah secara mendadak dan misterius. Diduga keyword untuk memecah gelas tersebut adalah 'lesehan code'. Akan tetapi, keyoword tersebut tidak berkhasiat ketika dijajal Momon. Mungkin waktu itu Momon grogi.
  • Tiga Dewa Turun Khayangan - 9-10 Agustus 2008
Entah prestasi atau aib, CahAndong berhasil mengumpulkan balung-pisah, Tiga Dewa yang dijuluki Trimaskenthir ini datang berkumpul di Yogyakarta. Dengan kedok menghadiri launching Cerpenista, mereka membuat para Jelata mabok kopdar dan terpaksa mendengarkan guyonan sepuh alaTrimaskenthir. Salah satu bukti keajaiban akibat Tiga Dewa turun khayangan adalah Yogyakarta diguyur hujan pada musim kemarau.
  • Protokoler Penyambutan Bloger di Bandara - 9 Agustus 2008
Atas ide Paman Budayawan, kedatangan Ndoro Kakung ke Yogyakarta dijadikan sebagai titik sejarah baru cara penyambutan bloger yang datang di sebuah kota. Dengan sebuah kertas bertuliskan "NDORO WICAK", Antobilang dan Gunawan tanpa malu-malu menjemput Ndoro Kakung dan sukses dijadikan sasasan tatapan sinis para penjemput lainnya. Akibat penyambutan ini, pada saat akan kembali ke Jakarta, Ndoro Kakung ketinggalan pesawat. Alasannya, mana mungkin manusia mengejar pesawat.

[sunting] Mei 2008

  • Penyamaran - 16 Mei 2008
Pada tanggal tersebut, adalah puncak krisis identitas Jelata yang sangat mengkhawatirkan. Tapi justru acara penyamaran ini ditunggangi kepentingan sekelompok free rider yang memanfaatkan keadaan chaos tersebut, misalnya Zamroni berani menyatakan cinta kepada Fany dan Pepeng bernyali mengatakan rasa sayang kepada Medina. Tak mau kalah, Rama Djambur pun mengungkapkan kerinduannya kepada Funkshit.
  • Talkshow Menggaet SPG - 6 Mei 2008
Di kala Herman Saksono sedang sibuk menjadi pembicara dan Tikabanget sibuk memoderatori Talkshow All About Blogging NIX 2008, maka Funkshit dengan kalemnya menggelar talkshow sendiri. Temanya "Menggaet SPG : Jangan Antar Pulang SPG di Hari Pertama Berkenalan".
  • Oo..Kamu Ketahuan - 3 Mei 2008
Dalam rangka acara make over Sir Mbilung di Ambarukmo Plaza, maka tidak sengaja tim yang terdiri dari Antobilang, Herman Saksono dan Celo menemukan Ekowanz bersama Cinta. Karena Cinta telah terbukti, maka lema Hoax di Wiki CA ini dibekukan untuk sementara dan menunggu keputusan untuk penghapusan lema.
  • Kunjungan Loenpia - 1-2 Mei 2008
Untuk Kesekian kalinya, Saudara tua loenpia datang berkunjung. Faniez, Didut, Wiwik, Stey, Yuda, Dendi, dan Ninings dijamu dengan sebaik-baiknya oleh CahAndong di restoran iga bakar, meskipun total kerusakan ditanggung oleh Mbak Stey. Sampai tengah malam dilakukan pertandingan Scrabble di Kafe Blandongan antara Momon dan Niningss, berperan sebagai obat nyamuk bakar yaitu Ekowanz dan Dendi.
Esoknya dilanjutkan dengan makan siang di Galeria Mall dan karaoke di Happy Puppy. Sorenya digeber lagi dengan Starbucks, kali ini sebagai pengawal yaitu Ekowanz. Pada kesempatan kunjungan kali ini, Momon dan Ninings terlihat sangat akrab.

[sunting] April 2008

Penajisan header Dagdigdug.com yang dilakukan oleh Zam
Penajisan header Dagdigdug.com yang dilakukan oleh Zam
  • Jamuan Terakhir sang Sultan Ndoyok dan Kelucuan Funkshit - 25 April 2008
Karena kesedihan mendalam dan kekhawatiran tidak berjumpa lagi dengan Sultan, maka Funkshit menjadi sangat lucu di perjamuan terakhir sultan. Menghibur di saat-saat terakhir akan menyisakan kenangan mendalam, sehingga sultan pun berkehendak untuk menjadikan Funkshit sebagai kenang-kenangan dengan mengawetkannya pakai air keras.
  • Buaya Mutung, Episode 3 - 20 April 2008
Kali ini gara-gara merasa tidak dilibatkan dalam semacam pelatihan
  • Penistaan Header Dagdigdug.com - 14 April 2008
Tanpa ada pertanda alam apapun, pada hari tersebut dunia dikejutkan oleh keterlibatan foto najis Sri Sultan pada portal blog Dagdigdug.com yang agung. Keberadaan foto tersebut mengakibatkan serentetan kejadian yang teramat sangat fatal:
  • Anak SD di Banguntapan kejang-kejang dan ayan
  • Listrik di Timbuktu mati seketika sehingga perdagangan garam menjadi tersendat
  • Penjualan monitor meningkat, karena banyak monitor rusak sejak menampilkan foto tersebut
  • Gempa 700 SR mengguncang Pulau Samoa, Pasifik
  • Seorang perawan dilaporkan kehilangan kehormatannya
  • Ibu-ibu banyak melahirkan prematur
  • Maria Ozawa menyatakan pensiun
  • Lele Dumbo petani gagal memijah

[sunting] Maret 2008

  • Buaya Mutung, Episode 2 - 20 Maret 2008
Kali ini gara-gara dituduh menelikung dari samping, bawah, tengah, dan kost.
  • Tlisiban - 1 Maret 2008
Kunjungan persahabatan Sarah ke Jogja terpaksa dilewatkan Antobilang yang malah bertolak ke Jakarta karena mau mencari sesuap nasi aking. Menyadari kejadian tlisiban ini Antobilang menjadi kalap, sinting, jayus, koprol, dan hendak loncat dari gedung Kantor Pos Besar. Apapun yang terjadi, Pepeng sudah mengikhlaskan seluruh utang-utangnya Antobilang. Kejadian ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Patah Hati Nasional. [1]

[sunting] Februari 2008

  • Kebohongan Sri Bagindi - 24 Februari 2008
Sri Bagindi Fany melakukan kebohongan publik dengan mengaku sudah naik haji. Akibatnya Fany dirajam komen oleh penduduk jelata yang hina dina.[2]
Mitigasi bencana kali ini, para korban benar-benar dikondisikan dalam keadaan panik, emosional dan penuh amarah.
  • Peletakan Batu Pertama - 1 Februari 2008
Wiki CahAndong didirikan untuk menampung populasi segala hal yang nggaya, dangkal, ngeselin, sok tau, dan nggak layak. Sri Sultan secara pribadi meletakkan batu pertama wiki ini, serta meletakkan batu-batu yang lain. Sri Herman membantu Sri Sultan melihat-lihat.

[sunting] 3 Tahun Silam

  • Lakon Pendirian CahAndong - Alkisah pada tahun 2008, sebuah Kitab Mingguan Kreditan menuliskan sejarah pendirian CahAndong.
[...] Bagi Nico Wijaya, blog menjadi sarana yang ampuh untuk membangun komunitas. Semenjak kecemplung ngeblog tiga tahun silam, Nico langsung mengumpulkan para blogger mania di Kota Gudeg. Hingga akhirnya terbentuk komunitas blogger Kota Jogja yang bernama Cah Andong. [...]
Peralatan pribadi