CahAndong.Org

Dari Wiki CahAndong

Langsung ke: panduan arah, cari
Logo CahAndong.Org telah mengalami 3 kali perubahan. Berikut ini adalah logo versi terbaru.
Logo CahAndong.Org telah mengalami 3 kali perubahan. Berikut ini adalah logo versi terbaru.

Yogyakarta memang eksotis. Mulai dari keramahan warganya, suasana kotanya, makanannya, tempat-tempat wisatanya, kebudayaannya, tradisinya, keseniannya, hingga bloger-blogernya.

Tak heran Katon Bagaskara pun sampai kesengsem sama kota ini hingga akhirnya terciptalah lagu Yogyakarta yang dibawakan KLA Project itu. Begitu juga dengan grup musik asal Solo, Genk Kobra, membawakan lagu Ngayogjakarta yang menceritakan tentang berbagai keunikan Jogja.

Alasan inilah yang membuat beberapa bloger Yogya yang sering berkumpul, bertemu, dan berinteraksi ini berniat untuk mengeksplorasi eksotisme Jogja. Mulai dari tempat unik, kuliner, tempat-tempat asyik, hingga berbagai acara mulai dari kopdar hingga kegiatan sosial yang melibatkan para blogger.

Daftar isi

[sunting] Asal Kata ANDONG

Andong
Andong

Andong merupakan salah satu alat transportasi tradisional yang masih eksis di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Solo dan Klaten. Keberadaan andong sebagai salah satu warisan budaya Jawa memberikan ciri khas kebudayaan tersendiri yang kini masih terus dilestarikan.

Walaupun sudah banyak kendaraan bermotor yang lebih cepat dan murah, tetapi pengguna Andong di Jogja ini masih cukup banyak. Andong-andong ini dapat ditemui dengan mudah di sepanjang jalan Malioboro, daerah Ngasem, serta di Kotagede.

Yogyakarta yang sering disebut dengan Jogja, Yogya, Yogja, atau Jogya, yang terkenal dengan gudeg, kraton, bakpia, joglo, blangkon, dan kota pendidikannya ini ternyata memiliki keunikan lain yang menjadi ciri khas. Keunikan itu adalah andong.

[sunting] Komunitas Andong

Deklarasi Cahandong
Deklarasi Cahandong

Meskipun bernama Andong, komunitas ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan alat transportasi tersebut. Nama Andong dipilih karena alasan unik dan merupakan salah satu ciri khas dari Yogyakarta.

Komunitas Andong ini terbentuk karena seringnya kami, bloger Yogya, Solo, dan sekitarnya bertemu dalam acara kopdar alias kopi darat. Dari pertemuan dan seringnya berkumpul ini akhirnya kami menemukan suatu kesamaan, rasa kebersamaan, dan kekeluargaan.

Tidak hanya berkumpul, beberapa acara pernah kami lakukan untuk mempererat jejaring sosial, antara lain memberikan sumbangan kepada salah satu rekan bloger yang menjadi korban gempa, hingga membuat acara pemulihan psikologis anak-anak SD di daerah Klaten (Klaten Ceria), yang dimotori oleh Yahya.

Kemudian pada tanggal 7 Oktober 2006, yang bertepatan dengan ultah Kota Yogyakarta yang ke-250, Komunitas Andong lahir bertempat di Warung Mak Zam.

Komunitas ini bukan bermaksud menyaingi komunitas yang sudah terlebih dulu ada, akan tetapi ingin menambah warna-warni dunia blogosphere, dengan mengangkat tema pariwisata, kegiatan sosial, dan juga pelatihan blog.

[sunting] Maksud dan Tujuan

Blog Komunitas Andong yang sering disebut dengan CahAndong yang beralamat di http://www.cahandong.org/ ini online sejak 1 Nopember 2006. Diharapkan melalui blog ini, rekan-rekan blogger atau siapa pun bisa melihat dan mengetahui Yogya lebih mendalam, tentunya dari sudut pandang yang berbeda, dengan bahasa bloger.

Bisa jadi blog ini mampu mengobati kerinduan rekan-rekan bloger yang pernah tinggal di Yogya atau pun yang mempunyai keterikatan dan kenangan dengan Yogya. Bahkan, blog ini bisa dijadikan rujukan bagi temen-temen bloger yang hendak berkunjung ke Yogya, sehingga ketika sampai di Yogya rekan-rekan bisa bertemu dengan para bloger Yogya yang dengan senang hati akan menyambut kedatangan kalian.

Kami berharap komunitas ini mampu memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan dunia blog serta mampu mengangkat nama Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya.

Slogan yang diangkat yaitu, "Melihat Jogja Tanpa Kacamata Kuda". Maksudnya adalah melihat Yogya dari berbagai sisi. Bisa jadi sisi tersebut luput dari pandangan kita sehari-hari yang berbentuk seperti kacamata kuda, kaku, dan biasa, sehingga dengan melihat Yogya dari sisi yang lain ini diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang Yogya. Tentu saja dengan harapan Yogya bisa jadi tujuan wisata yang menyenangkan dan penuh kenangan..

[sunting] Kegiatan

kegiatan komunitas ini adalah menjalin silaturahmi di antara para bloger, terutama mereka yang tinggal di Jogja, Solo, dan sekitarnya. Kegiatan ini meliputi acara kopi darat, sehingga para bloger yang biasa bertemu di dunia maya bisa bertemu di dunia nyata. Acara kopdar ini biasa dilakukan di tempat-tempat yang memiliki nilai seni, budaya, atau pun wisata.

Selain itu, kami juga dengan senang hati menyambut rekan-rekan blogger dari luar Jogja yang singgah di Jogja, sehingga mereka bisa merasakan keramahan Jogja dan merasa nyaman dan betah selama berada di Jogja.

Selain bertemakan pariwisata, komunitas ini juga bergerak di bidang sosial, mengingat awal mula beberapa bloger di komunitas ini adalah dari kegiatan sosial. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para blogger bisa ikut membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan.

Tema kegiatan yang diangkat adalah "keceriaan". Sebisa mungkin sasaran kegiatan kami adalah anak-anak (dan remaja putri), karena kami menyadari bahwa anak-anak adalah tunas-tunas harapan bangsa. Bila mereka ceria, diharapkan masa depan bangsa juga ceria seperti mereka.

Selain kegiatan sosial, kami juga melakukan pelatihan blog. Pelatihan ini dimaksudkan untuk memperkenalkan media blog sehingga budaya menulis melalui blog bisa terus berkembang. Ini adalah salah satu kontribusi kami di dunia teknologi informasi dan blogosphere dengan melakukan blog campaign.

[sunting] Cara Bergabung

Siapa saja boleh bergabung dengan kami. Bila kamu mempunyai blog, tinggal di Jogja, Solo, dan sekitarnya (Magelang, Klaten, Boyolali), atau mereka yang punya keterikatan tertentu dengan Jogja, boleh bergabung. Bahkan mereka yang tidak (belum) punya blog pun (sehingga bisa tertarik untuk ngeblog) boleh bergabung dengan kami.

Caranya mudah. Cukup bergabung dengan milis kami di http://groups.google.com/group/cahandong. Namun sistem yang diterapkan adlah sistem invitasi. Silakan hubungi bloger CahAndong.Org yang Anda kenal untuk meng-invite Anda.

Setelah mendaftar, user baru belum bisa menulis artikel di sini sampai ada aktivasi dari admin. Untuk aktivasi, silakan perkenalkan diri di milis dengan menyebutkan nama, alamat blog, pekerjaan/jati diri, dan informasi-informasi lain yang perlu diketahui rekan-rekan bloger lainnya. Atau, silakan gabung di acara kopdar yang diadakan oleh komunitas ini.

Untuk bisa tertulis di dalam daftar CahAndong, selain gabung dan aktif di milis, silakan ikutan kegiatan CahAndong (kopdar, even sosial). Tujuannya tentu saja untuk menyambung tali silaturrahmi dan perkenalan secara langsung dengan temen-temen lainnya. Sertakan juga nama lengkap untuk bisa ditampilkan di daftar CahAndong.

Setelah nama masuk ke daftar CahAndong, alamat blog kamu akan dimasukkan ke dalam Planet. Planet adalah sebuah agregator yang membaca feed dari blog. Pastikan blog kamu mempunyai feed yang valid untuk bisa masuk ke dalam Planet.

Dengan masuk ke dalam Planet, setiap kali blog kamu ter-update, otomatis postingan terbaru kamu akan muncul juga di blog Andong. Kamu juga bisa mengetahui postingan terbaru teman-teman Andong lainnya melalui Planet CahAndong.

[sunting] Pranala Luar

Peralatan pribadi