Fastreading

Dari Wiki CahAndong

Langsung ke: panduan arah, cari

Fastreading (Fast-Reading) adalah ritual membaca sepintas lalu sebuah tulisan di blog yang berujung dengan komen yang kadang ndak nyambung. Sebagian besar hasil ritual fastreading adalah nyampah.

Bloger yang melakukan ritual ini dinamakan Fastreader (Fast-Reader).

Gejala Fast-Reading ini masih diteliti oleh para ahli, belum diketahui penyebab pasti dari kelainan ini.

Daftar isi

[sunting] Tips dan Trik

  1. PERTAMAX: Judul Mencerminkan Isi Tulisan
    Tahukah kawan, bahwasanya judul mencerminkan isi tulisan? Dari judul kita bisa mengetahui bagaimana isi tulisan. Jadi, di mana kita mendapatkan tulisan yang relatif panjang, cukup baca judul lalu scroll down ke kotak komentar, lalu berkomentarlah dengan cepat dan singkat! Tidak perlu membuang waktu membaca seluruh isi tulisan, cukup judul! Lalu lakukan hal serupa di blog lain dengan cepat.
  2. KEDUAX: Awal dan Akhir
    Masih berkaitan dengan trik pertama. Jika ingin sedikit membuang waktu, baca saja paragraf pertama, kedua, dan terakhir, lalu berkomentar. Tidak perlu membaca komentar komentator lain. Membuang waktu saja. Pokoknya langsung berkomentar dan melanjutkan kegiatan serupa di blog-blog lain dengan cepat dan dalam waktu yang singkat. Habis perkara.
  3. KETIGAX: Mata Kilat Sekilas Lalu
    Ini memang lebih memakan waktu lagi, tapi memberi kita sedikit pengertian mengenai isi tulisan. Baca judul, lalu scroll dengan cepat untuk membaca isi tulisan. Tidak perlu konsentrasi dan cermat. Sortir isi tulisan dengan cepat dan singkat, baca sepintas lalu saja, setelah itu berkomentarlah dengan cepat dan lakukan hal serupa di banyak blog lainnya!
  4. KEEMPATX: Numpang Lewat dan Salam Kenal
    Biasanya jika kita mendapati blog baru dengan tulisan yang cukup diminati, tunggu apa lagi, langsung serbu! Buka semua blog yang baru kita temui dan tidak perlu membaca, cukuplah berkomentar dengan kalimat “numpang lewat” atau “salam kenal”. Mudah bukan? Mendapatkan kenalan baru sekaligus menebar komentar dengan cepat! Bagi pengguna WordPress[dot]Com, tentu sudah mengenai fitur BOTD, di mana tulisan-tulisan terhangat dalam satu hari diakumulasi ke dalam peringkat satu hingga seratus. Serbu saja semua yang belum dikenal, lalu pakailah cara ini.
  5. KELIMAX: Mengeluh, Mengeluh, Mengeluh
    Jika mendapati tulisan yang panang dan rada berat pembahasannya, cukuplah memakai cara ini. Baca saja judulnya, isinya tidak perlu, lalu mengeluhlah. Misalnya “Wah, panjang juga ya…” atau “Berat juga nih…”. Cukup seperti itu, yang penting sudah berkomentar!
  6. KEENAMX: Copy-Paste pada Fenomena Mainstream
    Nah dengan ini kita juga bisa menebar banyak komentar. Mudah saja, cari saja fenomena yang sedang hangat-hangatnya, semisal pada kasus konfrontasi Indonesia-Malaysia. Cukup berkomentar misalnya “Ganyang Malaysia!”, Copy komentar ini, lalu carilah semua blog yang membahas masalah ini dan kita tinggal perlu paste saja di kotak komentar tanpa perlu capek-capek membaca!
  7. KETUJUHX: Tulisan Standar, Komentar Standar
    Tahukan kalian apa yang dimaksud dengan tulisan standar? Ya, tulisan yang sangat-sangat umum, misalnya perayaan kelulusan, ulang tahun, tahun baru, atau hari besar keagamaan. Di sini mudah saja, tidak perlu membaca tulisan, lihat saja judulnya. Jika semacam perayaan kelulusan, cukup berkomentar misalnya “Selamat ya!” atau “Makan-makan!”, jika hari besar keagamaan, misalnya Natal, cukup berkomentar semacam “Selamat Natal!”, dan untungnya, jika perayaan hari tertentu, biasanya banyak blog yang menulis akan hal ini dan kita bisa menggunakan trik copy-paste yang dibahas sebelum ini. Mudah sekali bukan?
  8. KEDELAPANX: Membalas Komentar Terbaru
    Ini sebenarnya cukup mudah dilakukan, walau memang cukup makan waktu. Buka tulisan di sebuah blog, baca judulnya sekilas, tak perlu baca tulisannya. Lalu langsung saja scroll down ke bawah, dan lhat komentar terbaru di sana. Balas atau tanggapi saja komentar itu. Pastikan Anda seakan-akan terlihat pintar dan bijaksana! Pamor Anda akan meningkat kan?

[sunting] Korban

Para korban ritual para fastreader kebanyakan adalah artikel yang panjang dan pembahasannya cukup berat.

[sunting] Contoh Kalimat

Berikut ini contoh kalimat populer yang terindikasi komentatornya melakukan ritual fastreading. Walau ndak semua yang komen seperti ini adalah fastreader.

  • "Wah panjang juga ya."
  • "Dalem nih..."
  • "Wah, berat..."

[sunting] Pranala

Peralatan pribadi