Ndoyok

Dari Wiki CahAndong

Langsung ke: panduan arah, cari
Doyoker Perintis, minus Hadi yang mengambil gambar.
Doyoker Perintis, minus Hadi yang mengambil gambar.

Dalam beberapa postingan blog terutama yang ditulis oleh para eblis, sering disebutkan istilah ndoyok. Pun banyak juga yang bertanya tentang arti kata ndoyok itu tadi.

Ndoyok sering disebut bersamaan dengan jeng-jeng. Walau artinya mirip-mirip, namun ada perbedaannya.

Kata ndoyok bukan merupakan salah satu kata gaul ala Jogja. Maknanya hanya bersifat lokal-personal dan ndak semua orang ngerti artinya.

Daftar isi

[sunting] Sejarah

[sunting] Asal Kata

Pelawak Doyok (Sudarmadji). Foto diambil dari KapanLagi
Pelawak Doyok (Sudarmadji). Foto diambil dari KapanLagi

Ndoyok memang terinsipirasi dari nama pelawak besar, Sudarmadji alias "Doyok" yang biasa dipasangkan dengan Mubarok alias "Kadir" itu.

Pada film jadul Kadir-Doyok yang berjudul "Boleh Donk Untung Terus", film ini bercerita tentang usaha Kadir dan Doyok melarikan diri dari penjara yang akhirnya malah mbalik lagi ke penjara.

Di satu adegan, dalam usahanya melarikan diri, Doyok dan Kadir mengelabui penjaga dengan menyamar sebagai kuda zebra. Adegan konyol ini sangat lucu karena penggunaan kostum kuda zebra yang wagu dan tingkah polah "si zebra" yang begitu tolol.

Singkat cerita, setelah besusah payah menyamar sebagai zebra, Kadir dan Doyok akhirnya sukses mengelabui penjaga. Merasa berhasil, mereka kemudian menumpang sebuah mobil box sayur dengan niat keluar menuju ke kota yang ternyata mobil itu justru mengantarkan sayur ke penjara. Dan dengan suksesnya mereka berdua kembali lagi ke penjara.

Aadegan dalam film itulah yang menginspirasi munculnya kata "ndoyok" yang maksudnya meniru tingkah laku si Doyok (dan Kadir) itu.

[sunting] Kenapa dinamakan Ndoyok?

Ketika Merapi meletus sekitar Juli 2006 lalu, kawasan wisata Bebeng diterjang material vulkanik. Peristiwa ini merenggut nyawa 2 orang relawan yang terperangkap dalam bunker.

Waktu itu Zamroni, Didit, Dipto, Tupic, dan Hadi berniat untuk melihat kawasan yang luluh lantak dihajar lava itu. Ketika sampai di depan loket retribusi, mereka terkaget dan misuh-misuh, "Jancuk, mahal banget tiketnya!"

Akhirnya disusunlah suatu rencana agar mereka bisa melewati pos pungutan retribusi tanpa membayar. Ide tolol meluncur dari Dipto yang terkenal sok tau, asal, waton, dan nekad. Dia mengusulkan untuk turun ke Kaliadem lalu menyusuri itu sungai untuk melewati pos penjagaan.

Rencana disetujui. Dengan bodohnya mereka mengikuti ide tolol itu. Motor diparkirkan, mereka kemudian melihat sejenak ke arah jurang di mana Kaliadem merupakan salah satu jalur mengalirkan lava dari Merapi. Mereka pun akhirnya turun. Maksudnya sih mengikuti kontur sungai menuju ke arah hulu dan melewati pos retribusi.

Dengan penuh rasa ke-sok tau-an dan orientasi medan asal-asalan, mereka pun nyasar! Goblok! Salahkan si Dipto!

Setelah merasa sudah berhasil melewati pos retribusi, mereka pun naik. Trek terjal berbatu karena memang bukan jalan manusia memberikan eksotisme tersendiri. Eksotisme ndasmu!

Dengan bersusah payah akhirnya mereka tiba kembali di jalan raya. "Hore!! Berhasil! Berhasil!", teriak mereka sambil lompat-lompat gaya Dora.

Setelah merayakan "kemenangan" mereka pun tersadar. Bukannya melewati pos, tapi mereka justru mendekati pos!

Mirip-mirip si Doyok dan Kadir itu lah. Niatnya meloloskan diri, malah justru kembali ke bahaya. Kuthuk marani sunduk, istilah orang Jawa.

Untung saja mereka ndak sekalian nyamar jadi kuda zebra. La bisa ndoyok-ngadir nanti jadinya.

Mereka pun kembali ke tempat parkiran motor. Kembali berjalan kaki sambil misuh-misuh. Ya misuh-misuhi Dipto si pencetus ide maupun misuh-misuhi diri sendiri kenapa mengikuti si Dipto.

Sejak saat itulah kata "ndoyok" mulai populer. Meeka pun memberi gelar Dipto sebagai Bapak Ndoyok Indonesia. Namanya pun menjadi Doyok Djatmiko.

[sunting] Semboyan Ndoyok

  • Tersesat adalah fitur
  • Do first, think later
  • Bingung adalah plug-in

[sunting] Istilah-Istilah Ndoyok

[sunting] Bapak Ndoyok Indonesia

Dipto Djatmiko. Dia lah yang pertama kali mencetuskan, mengajak, dan melakukan ide tolol tersebtu. Istilah "ndoyok" dicetuskan oleh Didit.

[sunting] Ndoyok

Usaha-usaha dalam berpetualang ke tempat-tempat tertentu tanpa perencanaan, nekat, tanpa perhitungan, sok tau, dan sejenisnya. Intinya ngeluyur dengan tujuan ndak jelas dan asal berangkat anpa persiapan matang.

[sunting] Universitas nDoyokarta

Adalah sebuah universitas virtual di mana para Doyoker melakukan kegiatan menuntut ilmu Ndoyok. Guru besar universitas ini adalah Zamroni, Spd dan dengan Didit sebagai profesornya.

[sunting] Doyoker

Adalah para pelaku kegiatan ndoyok. Seorang atau sekumpulan orang tolol yang melakukan aksi-aksi pendoyokan. Kata doyoker dicetuskan pertama kali oleh Annots ketika ndoyok ke Candi Barong.

[sunting] Doyoker Perintis

Adalah para pelaku kegiatan ndoyok pertama kali di Kawasan Wisata Bebeng, Sleman. Mereka adalah Zamroni, Didit, Dipto, Tupic, dan Hadi.

[sunting] Doyoker Trainee

Adalah para pelaku kegiatan ndoyok yang sedang latihan ndoyok. Minimal ada seorang Doyoker Perintis (senior) yang membimbing. Beberapa Doyoker Trainee yang pernah tercatat antara lain:

[sunting] Sutradara Ndoyok Indonesia

Gelar ini diberikan kepada Mas Iman Brotoseno setelah melakukan ndoyok ke Candi Sambisari, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Sewu, dan Kraton Ratu Boko.

[sunting] Jumenengan

Adalah peristiwa diwisudanya Doyoker Trainee hingga resmi menjadi Doyoker. Yang tercatat sebagai Doyoker adalah:

[sunting] Pranala

Peralatan pribadi