Peristiwa terkini

Dari Wiki CahAndong

Langsung ke: panduan arah, cari

Daftar isi

[sunting] Agustus 2010

[sunting] 25 Agustus 2010 - Kesuksesan Gerakan 8000 Email

Setelah melalui facepalm, mucet, aduh, filter BB, dan mules; akhirnya pada hari tersebut milis CahAndong memecahkan rekor Agustus 2009 dengan email dari Iman Brotoseno atau Enade. Malamnya Momon menembus target 8000 email. Bulan depan ditargetkan 0 email dalam sebulan.

[sunting] 23 Agustus 2010 - Gerakan 8000 Email

Setelah gerakan sebelumnya sukses dijebol oleh Choro, targetnya dinaikkan menjadi 8000 email hingga akhir Agustus 2010. Gerakan ini selanjutnya disebut dengan Gerakan 8000 email. Gerakan ini menelan korban BB-nya Chic yang hang untuk pertama kalinya dalam sejarah.

[sunting] 21 Agustus 2010 - Gerakan 6000 Email

Untuk menyaingi rekor Agustus tahun sebelumnya, jelata mengadakan Gerakan 6000 Email. Gerakan ini bermaksud mengejar jumlah email bulan Agustus 2010 menjadi sebanyak 6000.

[sunting] 20 Agustus 2010 - Hari Kesaktian Tret Presensi

Pada hari tersebut jelata mengapresiasi kehebatan Tret Presensi.

[sunting] 8 Agustus 2010 - Kopdar Ereksi

Jelata mengadakan Kopdar Ereksi berbekal akar Pasak Bumi dari Gunawan.

[sunting] Juli 2009

[sunting] 24-25 Juli 2009 - Wisata Bloger 2009 di Wonosobo

Jengjeng Jelata kewonosobo untuk menghadiri acara Wisata Bloger 2009, dalam rangka ulang tahun Wonosobo. Acara ini juga sekaligus merupakan peresmian berdirinya bloger wonosobo, Serayu. Alle, Defickry, Nicowijaya, Gunawan dan Iphan yang menjadi utusan nampaknya tidak tahan dengan cuaca dingin di wonosobo, jadi dikirimkan rombongan Zam,Sita, Iman Brotoseno dan Paman Tyo untuk menemani mereka.

[sunting] Juni 2009

[sunting] 12 Juni 2009 - Curhat Asmara Pasangan Bloger

Acara talkshow yang diadakan oleh Cahandong dalam keikutsertaan di acara FKI 2009. Tema yang diusung dalam acara ini adalah Curhat Asmara Pasangan Bloger. Sebagai pembicara, telah didaulat pasangan Gage & Utet dan Mbak Unai & Mas Is, dengan Ekowanz sebagai moderator. Sementara Iphan dan Sita bertugas sebagai MC. Jelata Cahandong yang lain berfungsi sebagai pendukung dan penonton.

[sunting] 13 Juni 2009 - Pernikahan Faniez dan Yudis

Hari bahagia bagi pasangan Faniez dan Yudis yang tengah melangsungkan pernikahan. Pernikahan mereka diduga karena rasa cinta. Rombongan Cahandong dan berbagai komunitas bloger lain (loenpia, BHI dan Kojak) tumpah ruah di Masjid Agung Semarang untuk turut berbahagia dan turut menghabiskan makanan yang disediakan.

[sunting] 15 Juni 2009 - Jengjeng Gedung Agung

Jengjeng ke Gedung Agung yang merupakan Istana Negara di Yogyakarta, Karena sebagian besar jelata Cahandong belum pernah masuk kesana. Halangan terbesar dalam acara ini adalah harus berpakaian rapi. Namun kekesalan jelata terobati karena menyaksikan Zen yang berbatik, bercelana kain, dan bersepatu pantofel.

[sunting] Maret 2009

[sunting] 2 Maret 2009 - Peresmian perpustakaan di Mantrijeron

Kunjungan Cahandong untuk menghadiri peresmian perpustakaan di daerah Mantrijeron, Yogyakarta. Pada acara ini cahandong menyerahkan bantuan buku dari gerakan 1000 buku. Dalam kesempatan memberikan sambutan, Momon menyampaikan tentang betapa pentingnya membaca dalam meperluas pengetahuan. Sementara Alle, Funkshit dan Medina memperhatikan dengan seksama. Daerah Mantrijeron ini dulunya adalah daerah kekuasaan Alle semasa masih KKN.

[sunting] Februari 2009

[sunting] 1 Februari 2009 - Distribusi buku ke perpustakaan di Warak

Distribusi buku dari gerakan 1000 buku untuk perpustakaan di daerah Warak. Perpustakaan ini adalah milik Om Tomy yang merupakan kolega dari Mbilung. Acara dilanjutkan dengan menjelajahi Pasar Cebongan yang hanya ada pada hari pasaran kliwon.

[sunting] 21 Februari 2009 - Launching Komunitas Bloger Bengawan

Cahandong memenuhi undangan acara Launching Komunitas Bloger Solo, Bengawan sekaligus acara Jengjeng Solo. Jelata sudah beberapa kali datang ke solo walaupun cuman beberapa orang, namun kali ini yang datang 3 kloter. Hal ini karena kloter ke 2 datang terlambat di stasiun, jadinya ditinggal, Sedangkan kloter ke 3 lebih telat lagi.

[sunting] Januari 2009

[sunting] 24 Januari 2009 - Jamasan (Jamuan Masangin)

Acara ini diadakan dalam rangka menyambut kedatangan rombongan Ziarah Wali bloger dari Jawa timur. Selain ngobrol dan diskusi serta makan, Acara ini diisi dengan permainan masangin dan baling-baling bambu.

[sunting] Desember 2008

[sunting] 22 Desember 2008 - Kunjungan ke perpustakaan di lereng merapi

Merupakan acara Kunjungan jelata Cahandong perpustakaan di lereng gunung merapi. Kunjungan ini dalam rangka menyampaikan bantuan buku dari gerakan 1000 buku. Di lereng gunung merapi ini terdapat 2 buah perpustakaan daerah. Jelata yang menjalankan misi ada beberapa kompi, diperkirakan anggota lengkap.

[sunting] 27 Desember 2008 - Karita Youth Day

Cahandong diundang untuk menjadi salah satu pembicara mengenai blog dalam acara Karita Youth Day yang diselenggarakan oleh Karita Muslim Square. Ekowanz yang selalu mendambakan wanita berjilbab pun dengan sigap mengambil kesempatan sebagai perwakilan.

[sunting] Oktober 2008

[sunting] 7 Oktober 2008 - Ulang Tahun Cahandong

Ulant tahun cahandong yang selalu diperingati tanggal 7 oktober, kali ini yang kedua, dirayakan dirumah Momon dengan menu utama masakan ayam bambu khas Adonara bikinan PeTeeR.

[sunting] September 2008

[sunting] 19 September 2008 - Diskusi Blog Kutilang

Diskusi tentang blog dan segala macam yang berkaitan dengan aktivitas blogging bersama komunitas KIBC (Kutilang Indonesia Birdwatching Club) di Taman Kuliner, Condong Catur, Yogyakarta. Jelata yang sempat bergabung antara lain Antobilang, Ekowanz, Funkshit, Gage, Nico Wijaya dan Goop.

[sunting] 13 September 2008 - Sahur On Rails

Acara Juminten yang dilanjutkan dengan mengantarkan hidangan sahur serta bingkisan kepada para penjaga palang pintu Kereta Api. Jelata disebar ke 8 titik palang pintu perlintasan Kereta Api yang ada sepanjang kota Yogyakarta.

[sunting] 6 September 2008 - Kopdar Kiranti

Sebagai bentuk emansipasi pria, para Eblis sepakat untuk bersama-sama meminum Kiranti yang merupakan produk jamu khusus wanita. Kopdar Kiranti ini diselenggarakan bersamaan dengan acara Buka Puser (Buka Puasa Bersama) yang diadakan di rumah Mas Yahya. Sayang sekali tidak ada wakil dari MURI yang datang pada acara ini, padahal acara ini berpotensi memecahkan rekor Pria Yang Menenggak Kiranti Secara Bersama-sama.

[sunting] Agustus 2008

[sunting] 9 Agustus 2008 - Launching Cerpenista

Mengadakan dan menghadiri launching cerpenista di Wisma Djoglo. Pada acara yang dihadiri oleh Trimaskenthir dan Suhu Man Tao Tse ini berkumpullah para pasangan baru di kalangan CahAndong, yaitu Memed-Pepeng, Faniez-Tukangkopi dan Zam-Nonadita. Menurut Niningss, Momon yang mengenakan batik ungu terlihat ganteng. Pada acara ini pula terkuaklah rahasia Momon yang ternyata pandai bergoyang Numa-Numa.

[sunting] Juli 2008

[sunting] 12 Juli 2008 - Juminten Batik

Jelata berkostum batik. Mulai dari baju batik, kemeja batik lengan pendek dan panjang, selendang batik, slayer batik, kerudung batik maupun lingerie batik. Yang cukup kreatif, ada yang memakai kain polos, dikiranya Juminten Batik itu adalah kursus membatik.

[sunting] Juni 2008

[sunting] 16 Juni 2008 - Kopdar Balet

Melihat permainan balet kontemporer dari Dance Works Rotterdam, Belanda. Dalam acara yang merupakan bagian dari FKY, para jelata mempelajari gerak-gerak balet yang cantik dan dinamis.

[sunting] 15 Juni 2008 - Kopdar Anjing

Para jelata melihat anjing-anjing yang lucu dan lincah di Lapangan Percetakan Kanisus. Antobilang, Ekowanz, dan Peter Si Preman sempat lari terbirit-birit dan terkentjing-kentjing ketika dikejar anjing lucu. Mereka menggunakan Momon sebagai tameng perlindungan ketika didekati anjing jinak yang hiperaktif. Hadir sebagai saksi adalah Iman Brotoseno.

[sunting] 14 Juni 2008 - Nostalgila Cintaku di Kampus Biru

Melihat film buatan insan perfilman tanah air di tahun 1976 berjudul Cintaku di Kampus Biru di FKY. Para jelata menemukan banyak sekali idiom-idiom jadul yang patut dilestarikan di Wiki CA.

[sunting] 14 Juni 2008 - Kopdar Misteri

Jalan-jalan mistik dan klenik yang dipandu oleh Dukun Cabul Asep. Berperan sebagai asisten dukun yaitu Sandal dan Leksa. Antobilang sok berani mengawasi gerak-gerik mahkluk halus melalui handycam dengan cahaya infra merah. Sisa jelata lainnya hanya berfungsi sebagai penakut-nakut hantu.

[sunting] 13 Juni 2008 - Juminten "Akhir Sebuah Penantian"

Selama beberapa bulan ini di kalangan jelata selalu dirundung ketidakjelasan soal rumor datang atau tidaknya Sarah. Namun kali ini, suhu Man Tao Tse turun dari gunung dan membawa sang Buanadara ke hadapan para Jelata. Kedatangan Sarah ini berhasil membuat Nico_Wijaya turun gunung dan menghadiri Juminten, karena biasanya yang bersangkutan beralasan sibuk Skripsi atau kesulitan mencari bensin.

[sunting] 12 juni 2008 - Kopdar Billiard

Bertempat di DSC (Depok Sport Center), para jelata melakukan refreshing untuk menyegarkan pikiran dengan sodok2an alias bilyard. Acara ini diprakarsai oleh PeTeeR. Saat sedang billiard, antobilang dan Sandal ketahuan beberapa kali bertindak asusila terhadap meja billiard. Sementara itu Gunawan lebih banyak menghabiskan waktu untuk smsan dan menelpon cewek-ceweknya.

[sunting] 1 Juni 2008 - Kopdar JABLAY : Jogja Bloger Day

Kopdar Jablay adalah kopdar olahraga dan jeng jeng jelata untuk menyehatkan jiwa dan raga. Target utama adalah penjaringan tomat segar. Kopdara jablay pertama ini dinyatakan "tidak begitu sukses" karena hanya dihadiri oleh tomat yang itu-itu saja.

[sunting] Mei 2008

[sunting] 20 Mei 2008 - Ndoyok Borobudur dan Thuk Stumbu

Bertepatan dengan hari raya waisak, para jelata meluncur ke candi borobudur untuk menyaksikan perayaan waisak, sekaligus berburu sunrise di bukit thuk stumbu sambil menikmati Pocari Sweat. Ndoyok ini adalah ndoyok pertama tanpa keikut sertaan maha guru ndoyok. Ikut bergabung juga utusan dari loenpia yaitu kang lowo dan kang koprolia serta diajengnya sandal.

[sunting] 18 Mei 2008 - Setia Bersama Istakalisa

Talkshow di radio Istakalisa. Para pembual yang dikirim ke radio tersebut adalah Bunda Unai, Annots, Momon dan Ekowanz.

[sunting] 6-7 Mei 2008 - Cahandong on NIX 2008

Dipercaya untuk bekerjasama dengan penyelenggara NIX 2008. Kali ini cahAndong (lagi-lagi) disuruh ngibul soal blog. Acaranya terdiri dari workshop dan demo blog, talkshow dan lomba live blogging. Tim teknis yang mengomandani para jelata adalah Trio Leksagunawanz.

[sunting] April

[sunting] 28 April 2008 - Seminar Trackback & Google Adsense

Seusai menunggui Zamroni di Stasiun Tugu, jelata menyaksikan seminar yang diisi oleh Herman Saksono di Balai Kunthi, Gedung Wanitatama. Freepass yang dijanjikan cukup mempersulit mbak-mbak front office, namun berkat kesaktian kalimat Temannya pembicara, Herman Saksono, para jelata diperkenankan masuk dan mengikuti seminar yang tinggal separuh saja. Di dalam seminar ini, Herman Saksono banyak mengungkap tentang dunia blog dan segala dinamikanya. Pada akhir acara, Eko Marssetiawan mendapatkan sertifikat peserta seminar dengan nama 'Ekowanz'.

[sunting] 25 April 2008 - Jamuan Terakhir

Jamuan Terakhir untuk hari-hari menyenangkan bersama Sultan Ndoyok yang harus bertolak menuju Jancukarta. Haru tersimpan dalam tawa sepuas-puasnya seolah kami tak akan berjumpa lagi dengan Sultan baik hati itu. Padahal ini cuma soal waktu dan kesempatan sahaja.

[sunting] 19 April 2008 - Pelatihan Blog UAJY : IT Caravan

Kali kedua pelatihan blog di Universitas Atma jaya Yogyakarta dengan peserta siswi SMU.

[sunting] Maret 2008

[sunting] 29 Maret 2008 - Pelatihan Blog UAJY : Ngeblog, Siapa Takut?

Kali pertama pelatihan blog di Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan peserta dosen dan mahasiswi.

[sunting] 28 Maret 2008 - Juminten Mbilung

Acara juminten diracuni seminar. Topiknya soal lingkungan. Pengisinya Pakde Ndobos yang jauh-jauh datang dari Bali. Maka dari itu nama acara disebut dengan Juminten Mbilung (Mbahas Isu Lingkungan).

[sunting] 22 Maret 2008 - Pasak Boemi

Acara kopdar jelajah candi di Kraton Ratu Boko, ada tamu dari Semarang, Surabaya dan Bandung.

[sunting] 7 Maret 2008 - Juminten dan Monetizing Blog

Acara Juminten diisi dengan pengajian marketing online dan monteizing blog yang dibawakan oleh Mas Nukman Luthfi dan Mas Keke.

[sunting] Februari 2008

[sunting] 23-24 Februari 2008 - Seks Mami

Sekskaten Malam Mingguan (Seks Mami) adalah acara piknik ke pasar malam Sekaten. Arak-arakan ini dimulai dari Bunderan UGM menggunakan Bus TransJogja. Acara ini juga merupakan nostalgila para wikiwan dan wikiwati ke masa anak-anak dahulu.

[sunting] 21 Februari 2008 - Belajar HTML/XHTML/CSS

Belajar HTML/HTML/CSS bersama Gage Batubara di Own Cafe Sagan. Benar-benar Nggak Etis.

[sunting] 14 Februari 2008 - Talkshow Blog as Business

Dalam Talkshow Blog as Business ini, Kasultanan Ndoyokarta Hadiningrat kedatangan Ndoro Kakung dan Cosa Aranda sebagai pembicara di acara yang diadakan MM UGM tersebut. Bertindak sebagai moderator yang khilaf adalah Tikabanget dan salah satu pembicara yang dihadirkan sebagai contoh blogger Akademisi Gagal adalah Antobilang.

[sunting] 7 Februari 2008 - Jeng Semawis

Jeng Semawis adalah penyerbuan pasukan CahAndong ke kadipaten Loenpia di Semarang dalam rangka merayakan Imlek 2559 dan menyambut Mas Iman Brotoseno.

[sunting] 1 Februari 2008 - Wiki CahAndong Dibuat

Menimbang, mendengar, dan merasakan keresahan warga Kasultanan Ndoyokarta Hadiningrat yang membuncah melalui milis CahAndong.Org, akhirnya Sri Sultan memutuskan untuk membuat suatu Wiki yang berfungsi untuk mendokumentasikan berbagai hal yang terjadi di lingkungan Komunitas CahAndong.Org.

Berlokasi di SIC MIPA UGM, Sri Sultan berjuang sendiri melakukan instalasi hinga konfigurasi Wiki CahAndong menggunakan MediaWiki.

[sunting] Januari 2008

[sunting] 27 Januari 2008 - Bloger Bekisar

Bloger Bekisar adalah acara bersih-bersih sampah yang banyak berserakan di Pantai Pandansari, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Acara ini melibatkan sekitar 35 orang bloger dan non-bloger. Acara ini merupakan acara sosial kemasyarakatan pertama yang dilakukan oleh CahAndong.Org pada tahun 2008.

[sunting] 27 Oktober 2007 - Blonjo Kupat

Blonjo Kupat adalah acara halal-bihalal Bloger yang berdomisili di Yogyakarta, sekaligus untuk meramaikan Pesta Bloger 2007 Pada tanggal 27 Oktober 2007.

Peralatan pribadi